Diberdayakan oleh Blogger.

Penemuan Platypus 'Godzilla' Berukuran Raksasa

(Foto: Emirates247)

SYDNEY Spesies platypus (platipus) raksasa dengan gigi sangat kuat yang sempat punah kembali ditemukan di Australia. Ilmuwan setempat menggambarkan hewan air yang berparuh bebek ini dengan sebutan monster mirip 'Godzilla'.

Dilansir Emirates247, Selasa (5/11/2013), spesies baru ini dinamakan Obdurodon tharalkooschild yang memiliki gigi yang sangat khas. Hewan ini ditemukan di situs Riversleigh, negara bagian Australia, Queensland. Queensland dikenal sebagai daerah yang kaya akan endapan fosil.

"Kami belum pernah melihat sesuatu yang sebesar ini, sehingga benar-benar mengetuk kami untuk berpikir bahwa platipus bisa sebesar ini," kata Profesor Mike Archer dari Universitas New South Wales. Ia menggambarkan hewan ini memiliki ukuran dua kali lipat dari platipus pada umumnya.

"Platypus Godzilla. Anda dapat membayangkan pemandangan lucu, di mana seseorang melihat platipus modern dan mengatakan 'Itu bukan platypus' dan kemudian mengambil raksasa ini dan mengatakan''itu platypus'," tuturnya.

Platipus modern merupakan hewan pemalu dan nokturnal (makhluk hidup yang aktif di malam hari). Hewan ini umumnya ditemukan di Australia Timur dan tidak memiliki gigi ketika dewasa. Ilmuwan tidak percaya temuan spesies punah ini merupakan nenek moyang dari platipus modern.

Platipus modern dikenal memiliki bisa pada bagian tonjolan di kaki belakang yang bisa sangat menyakitkan hingga berjam-jam. Jika bisa tersebut memiliki kuantitas dua atau tiga kali lipat lebih banyak pada hewan platipus besar ini, maka ini mungkin bisa menjadi ancaman.

"Anda tiba-tiba mulai berpikir tentang hewan ini sebagai predator," ujar Archer. Peneliti menemukan gigi tunggal pada platipus besar ini. Hewan ini kemungkinan memangsa lobster dan udang air tawar lainnya serta memakan vertebrata kecil seperti katak dan kura-kura. (ahl)
Source From : Sumber INI

0 komentar:

Posting Komentar